-->

Tiga Komponen Utama Sistem Komputer

Untuk mengolah data atau informasi sebagaimana telah dijelaskan pada posting pusatkom tentang pengertian komputer ada beberapa komponen utama pada sistem komputer agar komputer dapat digunakan, seandainya salah satu komponen terebut tidak ada maka tidak akan berfungsi sebuah komputer. Komponen utama sistem komputer tersebut terdiri atas Hardware, Softrware dan Brainware

Pertama, Hardware atau yang disebut perangkat keras yakni komponen sistem komputer yang terdiri dari bahan-bahan yang bersifat fisik dan bisa dijangkau oleh panca indera kita. Hardware pada komputer sangatlah penting keberadaannya, jika tidak ada hardware tersebut maka bukan disebut komputer. Adapun hardware atau perangkat keras ini seperti : CPU,monitor, Mouse, Keyboard, hard disk, RAM dan lain-lain

Kedua, Software atau yang disebut juga dengan perangkat lunak yakni salah satu komponen sistem komputer berupa perintah-perintah yang bisa dipahami oleh komputer, tentunya dengan bahasa yang bisa dipahami komputer adalah bahasa pemrograman. Software terdiri atas Operatyng System (OS) atau disebut juga Sistem Operasi seperti : Windows, Linux, Machintosh, Mac OS. Atau dalam bentuk Program Aplikasi seperti : Microsoft Word, Microsoft Exel, Corel Draw, Windows Media Player dll.
Software inilah  yang memberikan perintah kepada hardware untuk melakukan pengolahan data sesuai dengan yang dibutuhkan oleh penguna. Tanpa Software komputer tidak akan pernah bisa digunakan.

Ketiga, Brainware atau yang disebut juga user/pengguna yakni orang yang melakukan pengolahan data. Tanpa adanya brainware ini lantas siapa yang mengoperasikan komputer, siapakah yang mengetik, siapakah yang mengarahkan pointer mouse, siapakah yang menge klik, dan seterusnya maka dibutuhkanlah komponen terakhir dari sistem komputer ini yakni brainware.
Contoh dari brainware juga bermacam-macam : bisa anak kecil, orang dewasa, anak muda, anak sekolah, itu secara umum namun secara khusus brainware itu adakalanya seorang programmer (orang yang membuatprogram), gamer (pemain game), Desainer (pembuat desain), Officer (pegawai kantor) Accounting, dan lain sebagainya.

Demikianlah tiga komponen utama yang bisa saya sampaikan di pusatkom ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan Memberi Komentar :
1. Sesuai dengan posting di atas
2. Saran dan Kritik yang membangun
3. Kesan setelah membaca artikel di atas
4. Komentar berupa iklan akan dihapus
5. Mohon maaf atas kesalahan saya