-->

Membuat Tulisan Label Stiker DVD / CD dengan Microsoft Word

PUSATKOM - DVD (Digital Versatile Disc) dan VCD (Virtual Compact Disk) merupakan sebuah cakram optik untuk media penyimpanan data dan masih digunakan sampai saat ini. Perbedaan dari keduanya yang paling menonjol adalah kapasitas penyimpanannya, jika DVD berkapasitas maksimal 4 GB berbeda dengan VCD yang hanya berkapasitas maksimal 700 MB. Meskipun terdapat perbedaan yang sangat jauh namun secara fisik ukuran keping DVD dan VCD adalah sama.
Ketika Anda mempunyai dokumen-dokumen penting yang akan Anda simpan dalam bentuk kepingan DVD dan VCD pastilah dibutuhkan sebuah label tulisan yang mewakili isi daripada kepingan tersebut, jika tidak diberi label tulisan tertentu, maka tentulah Anda akan kebingungan akan isi kepingan tersebut itu apa.

Namun, untuk memberikan label/tulisan pada keping DVD/VCD adakalanya hanya memakai spidol atau ballpoint marker. Jika Anda sebagai seorang yang profesional tentulah memberikan label tersebut dengan cara tulisan tangan kurang terlihat bagus. Oleh karena itu saat ini mudah sekali kita dapatkan pada toko-toko komputer yang menyediakan kertas stiker label DVD atau VCD yang semuanya berupa kertas stiker kosongan.

Maka dari itu pada pusatkom kali ini ingin berbagi cara untuk membuat tulisan label stiker DVD/VCD dengan menggunakan program aplikasi Microsoft Word.
Caranya bagaimana?
Berikut ini mari kita bahas

pertama, buka program aplikasi microsoft word,
kedua, atur margin pada page layout menjadi top : 1 cm, botton 1 cm, left 1 cm, right 1 cm dengan ukuran kertas/paper 25 cm lebar 12.5 cm, karena stiker label DVD/VCD biasanya dalam satu kertas ada 2 stiker maka bagi kertas menjadi 2 kolom kiri dan kanan.

Kemudian tulislah sesuatu sesuai dengan keinginan Anda, contoh yang saya buat adalah seperti ini dan siap dicetak:















Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.


(KAR)

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan Memberi Komentar :
1. Sesuai dengan posting di atas
2. Saran dan Kritik yang membangun
3. Kesan setelah membaca artikel di atas
4. Komentar berupa iklan akan dihapus
5. Mohon maaf atas kesalahan saya